8 Jenis Hama Dan Ciri Ciri Serangan Pada Kelapa Sawit Serta Cara Pengendaliannya November 2018

Jenis Hama Dan Ciri-Ciri Serangan Terhadap Kelapa Sawit 

hama tanaman kelapa sawit
hama adalah jenis hewan pengganggu tanaman, keberadaan hama di lingkungan tanaman sangat merugikan karena dapat merusak tanaman, hama juga seringkali menjadi faktor pengganggu pertumbuhan, berikut beberapa jenis hama yang terdapat pada tanaman kelapa sawit serta cara penanggulangannya.


a.Tungau ( red spider mites )

  • ciri-ciri serangan

hama jenis tungau ini biasanya menyerang daun bagian bawah daun yang menyebabkan daun berbintik-bintik, kemudian akan berubah warna menjadi warna coklat dan akan menjadi kkering dan mati.


  • pengendalian
untuk serangan tungau pada daun dapat dikendalikan dengan menggunakan pestisida omite, mitac, nissorun dengan cara disemprotkan dibagian bawah daun yang terserang tungau.

b. Belalang (grasshopper)

  • ciri-ciri serangan
serangan hama jenis belalang ini biasanya memakan daun terutama dibagian pinggur daun, serangan belalang ini sangat berbahaya karena akan memakan daun sampai habis.


  • pengendalian
untuk serangan hama belalang dapat di lakukan dengan menyemprotkan pestisida jenis dipterex ke areal yang terserang oleh hama belelang, perlakuan ini dapat dilakukan 2 minggu sekali sampai serangan hama belalang menghillang.



c. Kumbang (cockhafer beetles)

  • ciri-ciri serangan
serangan hama jenis kumbang ini memakan jaringan daun, sehingga akan menimbulkan lubang-lubang kecil bekas gigitan kumbang, biasanya seranga ini terlihat di sepanjang bagian tepi daun.


  • pengendalian

serangan ini dapat dikendalikan dengan memanfaatkan musuh alaminya seperti santalus parallelus dan platymerys laevicolis yang merupakan predator telur dan larva dari kumbang


d. Ulat Daun (caterpillars)

  • ciri-ciri serangan
serangan ulat daun dapat terlihat dari adanya garis-garis trasnparan yang merupakan bekas dari gigitan ulat, ulat daun biasanya memakan daun (epidermis) serangan ulat ini cukup berbahaya karena sangat cepat menyerang daun.


  • pengendalian
pengendalian serangan hama ulat daun dapat dilakukan secara kimia menggunakan pestisida dipterex, fastac, rogor, karate, dan pegasus.

e. Jangkrik (crickets)

  • ciri-ciri serangan
hama jangkrik merupakan hama yang sangat berbahaya karena dampak dari serangan hama jangkrik ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan tanaman mengalami kematian, serangan hama jangkrik ini biasnya menyerang seluru bibit mulai dari akar, pangkal, batang dan daun.


  • pengendalian
untuk serangan hama jangkrik dapat dilakukan dengan menyebarkan buturan racun diatas tanah di dalam polybag. racun yang di gunakan adalah carbofuran seperti furadan 3g atau 5g masing-masing sebanyak 20 gm dan 12 gm.

f. tikus (muridae)

  • ciri-ciri serangan
serangan hama tikus ini menyerang bagian pangkal batang, serangan tiikus ini menyebabkan pertumbuhan bibit terganggu karena dapat menyebabkan pohon membusuk karena serangan tikus.


  • pengendalian
untuk serangan tikus dapat dikendalikan dengan 2 cara yaitu cara alami dan secara kimia, pengendalian secara alami yaitu menggunakan pemangsa alaminya seperti burung hantu dan ular, untuk cara kimia dapat menggunakan klerat CIU.


g. kutu (aphids)

  • ciri-ciri serangan
serangan hama kutu biasanya terlihat dari warna daun yang terlihat memucat, hal ini disebabkan karena hama kutu menyerang jaringan akar dan jaringan daun.


  • pengendalian
tanaman yang terkena serangan kutu dapat disemprot dengan menggunakan pestisida rogor sebanyak 20-30 ml yang dicampur pada 15 liter air, penyemprotan dilakukan secara merata.

h. keong (pilaampulacea)

  • ciri-ciri serangan
hama keong akan menyerang jaringan daun muda atau daun lunak sehingga daun akan terlihat layu dan habis termakan oleh hama keong.


  • pengendalian
sebarkan pelet dibedengan dengan selang waktu 1 bulan, pelet yang digunakan adalah siputox (metaldehyde)

Belum ada Komentar untuk "8 Jenis Hama Dan Ciri Ciri Serangan Pada Kelapa Sawit Serta Cara Pengendaliannya November 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel