15 Cara Menghilangkan Dampak Gangguan Insomnia Terbaru Pada Kesehatan Manusia

Dampak Dan Cara Cengatasi Gangguan Tidur (Insomnia)



gambar gangguan insomnia





apakah tidur anda tadi malam berkualitas? atau apakah anda mendapatkan tidur yang berkualitas atau sebaliknya. gangguan tidur ini sering dialami oleh manusia terutama di asia 68% yang terkena gangguan insomnia adalah remaja yang berusia 18-29 tahun. hal ini disebabkan dari pola hidup remaja yang kurang memperhatikan pola hidup yang sehat. apakah yang dimaksud insomnia ? dan bagai mana cara mengatasi insomnia tersebut? berikut ulasan singkat tentang insomnia dan cara mengatasinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Insomnia ?

sebelum kita membahas mengenai dampak dan cara mengatasi gangguan insomnia mari kita pahami dulu apa itu insomnia, insomnia adalah jenis gangguan tidur yang dialami oleh manusia dimana orang yang mengalami gangguan insomnia akan sangat sulit mendapatkan tidur yang berkualitas dalam arti lain orang yang mengalami gangguan insomnia akan sangat sulit tuntuk terlelap, hal ini menyebabkan sipenderita akan merasakan kelelahan saat bangun pagi. hal ini juga dapat disebabkan oleh seringnya penderita insomnia terbangun di tengah malam yang juga merupakan gangguan insomia

gangguan tidur atau insomnia dapat terjadi dikarenakan banyak faktor, sehingga gangguan tidur atau insomnia ini dibedakan berdasarkan faktor penyebabnya dan lamanya waktu insomnia yang dialami penderita. secara umum dibedakan menjadi :
  • insomnia primer : insomnia primer ini dialami oleh penderita bukan karena penderita mengalami gangguan kesehatan melainkan karena dampak dari seringnya seseorang beraktifitas sampai larut, sedangkan
  • insomnia sekunder : adalah gangguan tidur yang disebabkan oleh adanya suatu penyakit yang dialami oleh penderita yang menyebabkan sipenderita tidak dapat tidur dengan lelap karena menahan rasa sakit.
  • insomnia akut : gangguan insomnia ini terjadi dalam waktu yang relatif pendek, hanya terjadi satu hari atau satu minggu, biasanya penderita insomnia akut ini adalah orang yang sedang mengalami suatu kecemasan yang menggganggu pikiranya seperti, ingin menghadapi ujian, menghadapi ujian skripsi, dan yang akan menghadapi interviuw kerja. sedangkan
  • insomnia kronis : adalah gangguan tidur yang relatif panjang, biasanya gangguan ini terjadi karena penderita mengalami gangguan psikologi yang kurang baik biasanya gangguan insomnia ini terjadi selama satu minggu bahakan satu bulan.

Apa Penyebab Dan Dampak Insomnia Pada Penderita ?

seperti kita ketahui bahwa memiliki waktu istirahat yang kurang maksimal dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada kita dan akan menimbulkan banyak penyakit karena kurang maksimalnya waktu istirahat yang kita . beberapa penyebab dan dampak insomnia pada penderita

penyebab insomnia :

  • Depresi : depresi menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan tidur atau insomnia, hal ini dikarenakan penderita depresi akan merasa putus asa dan memiliki omisional yang datar hal ini lah yang menyebabkan penderita mengalami gangguan tidur atau depresi
  • stres : stres dapat menimbulkan tekanan pada pikiran manusia sehingga mengganggu fungsi kerja otak yang menyebabkan orang akan terjaga dan susah tidur. faktor ini lah yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia.
  • mengalami kecemasan dan ketakutan yang berlebihan: kecemasan atau ketakutan yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan pada pikiran seseorang, orang yang mengalami kecemasan yang di barengi dengan ketakutan yang berlebihan akan membuat orang tersebut terjaga sepanjang malam dan susuah untuk terlelap, hal ini lah yang dapat menimbulkan gangguan insomnia bagi seseorang yang mengalami kecemasan dan ketakutan berlebihan.
  • kondisi kesehatan : banyak orang-orang tidak mengetahui bahwa gangguan kesehatan juga dapat menyebabkan seseorang yang mengalami kondisi kesehatan seperti penyakit asma,kangker, sleep apnea dan gangguan penyakit lainya yang dapat menimbulkan gangguan tidur atau insomnia
  • mengalami gangguan psikologi : penderita yang mengalami gangguan psikologi juga dapat menderita gangguan tidur, hal ini disebabkan karena adanya trauma yang dilami oleh penderita sehingga penderita mengalami ketakutan yang berlebihan. hal ini juga hampir sama dengan gejala mengalami kecemasan dan ketakutan berlebihan.
  • faktor lingkungan : faktor lingkungan biasanya mempengaruhi kualitas tidur kita, jika linkungan tempat kita tinggal di areal yang memiliki tingkat kebisingan tinggi maka kita akan merasa tidak nyaman sehingga kita tidak dapat tidur dengan nyeyak.
  • pola gaya hidup : gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi faktor seseorang mengalami insomnia, dimana seseorang seperti perokok, sering mengkonsumsi minuman beralkohol, sering mengkonsumsi minuman yang berkafein, akan menyebabkan seseorang terkena insomnia.
  •  pola tidur yang kurang teratur: pola tidur yang kurang teratur seperti tidur siang yang terlalu lama dan bangun tidur yang terlalu lama dapat memicu terjadinya insomnia.

apa dampak insomnia pada kesehatan ?

tidak asing lagi bahwa gangguan tidur atau insomnia dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, beberapa dampak buruk yang akan di terimana seorang penderita insomnia antara lain :
  • dapat mempengaruhi fungsi otak dan dapat mengalami kerusakan dan mengalamin kehilangan memori otak.
  • dapat menyebabkan kematian pada penderita akut karena akan menyebabkan kondisi badan semakin melemah karena kelelahan. biasanya ini terjadi pada penderita insomnia yang telah berlangsung lama
  • insomnia juga dapat menyebabkan tremor dan gemetaran pada seluruh tubuh
  • berat badan akan menurun karena nafsu makan yang menurun
  • insomnia juga dapat menyebabkan seseorang mnegalami depresi karena tidak dapat istirahat dengan cukup.
  • dapat meningkatkan hipertensi pada penderitanya
  • dapat memicu terjadinya penyakit ginjal dan penyakit kangker
  • dapat memicu terjadinya penyakit jantung, lefer dan gangguan pungsi hati.

bagai mana mengatasi insomnia ?

insomnia bukan lah penyakit yang tidak dapat diobati, insomnia adalah jenis penyakit yang mengganggu kualitas tidur seseorang yang terjadi karena beberapa faktor sseperti diatas, ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi insomnia yaitu:

1. terapi : 

penderita insomnia dapat disembuhkan dengan terapi pikiran, dimana terapi ini daoat dilakukan dengan cara bermeditasi atau dengan cara menenangkan pikiran dari hal-hal yang membuat kita merasa takut dan cemas.

2. membuat diri nyaman : 

membuat diri kita merasa nyaman dan rileks saat mau tidur dapat membuat kita lebih cepat tertidur, cara ini dapat dilakukan dengan mendengarkan musik atau tidur dengan lampu tidak menyala.

3. jaga pola hidup sehat : 

cara penyembuhan dengan menjaga pola hidup sehat dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bervitamin serta hindari merokok agar tubuh kita tetap sehat dan tidak mengalami sakit.

4. tidak mengkonsumsi alkohol : 

bagi penderita insomnia mengkonsumsi alkohol merupakan hal yang salah, karena alkohal dapat merusak sarap

5. tidak mengkonsumsi kafein : 

untuk penderita insomnia mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan jantung berdetak kencang dan menjadikan kita terjaga dan susah tidur.

6. tidak melakukan aktifitas yang berlebihan  di malam hari : 

dengan tidak melakukan aktifitas yang berlebihan dimalam hari maka kita akan memberikan waktu untuk istirahat pada tubuh kita sehingga akan mengjadikan tubuh kita rileks.

7. hindari makan sebelum tidur :

makan dapat menyebabkan rasa kenyang yang berlebihan pada perut sehingga memberikan rasa tidak nyaman pada perut kita dan dapat memicu terjadinya insomnia.

8. tidak melakukan kegiatan yang menyita perhatian : 

apabila kita melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan atau menyita perhatian kita maka otak kita akan bekerja dan menyebabkan kita tidak merasa ngantuk, kegiatan yang menyita perhatian seperti menonton televisi, membaca kimic dan bermain smartphone.

9. rajin olah raga : 

dengan rajin berolah raga maka peredaran dara padah tubuh kita akan berjalan dengan lancar sehingga badan akan sehat dan dapat meningkatkan kesehatan, jika badan yang sehat maka  pikiran pun akan sehat.

10. mengatur pola tidur : 

mengatur pola tidur adalah cara yang cukup baik untuk menghindari terjadinya insomnia mengatur pola tidur dapat dilakukan dengan tidak tidur siang terlalu lama dan tidak begadang dimalam hari.

11. mengkonsumsi susu hangat : 

rasa susu akan memberikan rasa rileks yang baik pada pikiran dan tubuh kita sehingga kita akan dapata dengan mudah tertidur pulas.

12.mendengarkan musik:

mendengarkan musik juga dapat memberikan rasa rileks pada pikiran kita usahakan musik yang dipilih adalah musik yang tenang dan tidak berisik.

13. memilih lingkungan yang tenang : 

memilih lingkungan tempat tingga yang tenak dapat membantu kita dalam mengobati atau menghindari terjadinya insomnia, dimana tempat tinggal yang tenang akan memberikan efek yang rileks pada diri kita.

14. mengkonsumsi makanan yang mengandung tryptophan :

 tryptophan merupakan bahan kimia yang dapat merangsang otak agar lebih cepat tertidur, adapun makanan yang mengandung trytophan seperti , keju cair, daging ayam, dan ikan tuna.

15. mematikan lampu : 

sebagian orang tidak percaya akan hal ini tetapi kenyataanya cara ini sangat efektip untuk penderita insomnia, karena dimana dengan mematikan lampu makan kita akan meras tenang dan sunyi sehingga badan badan dan pikitan kita dapat beristirahat dengan tenang.

demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah insomnia yang dialami oleh beberapa orang dan yang mengalami insomnia terbanyak terdapat pada remaja dengan pola hidup yang kurang baik.

Belum ada Komentar untuk "15 Cara Menghilangkan Dampak Gangguan Insomnia Terbaru Pada Kesehatan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel