10 Jenis Usaha Dengan Modal Minim Yang Dapat Di Coba Oleh Pemula 2018


Menjalankan bisnis tidaklah mudah. Meskipun terlihat menguntungkan, sebenarnya ada beberapa rintangan dan halangan yang akan ditemui. Hal inilah yang ditakuti oleh para wirausahawan pemula ketika ingin memulai sebuah bisnis. Pengalaman yang terbatas dan mungkin wawasan yang kurang juga menjadi faktor yang membuat wirausawahan pemula tidak percaya diri. Ketakutan akan mengalami kerugian dan modal yang kurang juga membuat orang-orang mengurungkan niatnya untuk berwirausaha. Padahal, ada banyak peluang dan jenis

Usaha Dengan Modal Minim Untuk Pemula Tanpa Takut Rugi

Kekhawatiran dalam menjalankan bisnis selalu dirasakan oleh setiap wirausahawan pemula. Kekhawatiran ini merupakan hal yang wajar asalkan tidak sampai membuatnya menyerah dan berhenti untuk mencoba. Seorang wirausahawan harus siap dalam menghadapi rintangan dan risiko yang mungkin akan ditemui selama menjalankan bisnisnya. Selain itu, persiapan yang matang juga dapat membantu dalam menjalankan sebuah bisnis. Beriktu merupakan beberapa ide usaha yang patut dicoba oleh wirausahawan pemula.

  1. Camilan

Banyak orang menyukai mengonsumsi camilan apalagi ketika senggang atau teman saat beraktivitas ringan. Menjual camilan bisa menjadi peluang yang bagus karena ada banyak jenis yang digemari oleh orang-orang. Wirausahawan pemula bisa membuat camilan seperti kue, keripik, atau jajanan lain. Selain membuat sendiri, wirausahawan pemula bisa membeli camilan grosir yang nantinya dibungkus dalam kemasan yang lebih kecil. Camilan ini bisa dijual di rumah sendiri atau dititipkan di tempat lain seperti warung. Memasarkan camilan melalui internet juga bisa menjadi alternatif yang dapat dilakukan. Pilihlah jenis camilan yang banyak digemari serta buatlah kemasan yang unik dan menarik.

   2. Kuliner

Kuliner merupakan salah satu usaha dengan modal minim untuk pemula. Usaha ini sangat menjanjikan jika wirausahawan dapat mengembangkan dengan baik. Macam kuliner yang akan dijual bisa menyesuaikan dengan pasar yang akan ditarget. Banyak orang yang menyukai makanan-makanan unik dan baru. Ada juga sekelompok orang yang menyukai makanan rumahan. Wirausahawan pemula dapat menyewa tempat seperti di food court atau pinggir jalan. Lokasi lain yang bisa dimanfaatkan adalah di rumah sendiri. Pemilihan lokasi ini sangat penting dalam proses pengembangan bisnis. Usaha ini sangat cocok bagi wirausahawan yang memiliki kemampuan memasak.

   3. Toko Online

Toko online menjadi salah satu bisnis yang sering dilakukan oleh remaja, ibu rumah tangga, atau siapapun yang bisa memanfaatkan internet dengan baik. Menjalankan toko online merupakan usaha dengan modal minim untuk pemula. Semua barang bisa dijual melalui internet. Dengan menggunakan internet, biaya yang diperlukan untuk pemasaran bisa berkurang banyak. Selain itu, modal yang diperlukan untuk menyewa lokasi berwirausaha bisa berkurang atau bahkan tidak diperlukan karena proses produksi dan sebagainya bisa dilakukan di rumah.

Toko online bisa dibuka dengan memanfaatkan media sosial atau website marketplace. Jika memiliki kemampuan di bidang IT, wirausahawan bisa membuat wesbsite sendiri khusus untuk produk yang dijual. Jumlah toko online yang ada di internet sangat banyak. Oleh karena itu, sebelum membuat toko online perlu direncanakan identitas seperti nama dan logo. Kedua hal ini dapat menjadi ciri khas toko online dan pembeda dari toko online lain.

baca juga 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Sukses Berwirausaha Bagi Pemula 2018

  4. Dropship

Dropship merupakan salah satu cara yang umum dilakukan pada beberapa toko online. Dalam menjalankan dropship, wirausahawan pemula tidak perlu mengeluarkan modal dan tidak perlu memiliki stok barang. Apabila ada pembeli, wirausahawan pemula cukup melakukan kontak dengan supplier atau toko online saat memesan barang. Pengiriman barang nantinya akan langsung dikirimkan ke pembeli atas nama pengirim dropshipper. Dengan kata lain, dropshipper merupakan perpanjangan tangan dari supplier. Keuntungan menjadi dropshipper adalah tidak mengalami kerugian dan tidak bingung untuk menghabiskan stok barang.

   5. Bisnis di Bidang Kreatif

Memiliki kemampuan seperti desain atau menulis bisa menjadi modal untuk mengembangkan bisnis di bidang kreatif. Wirausahawan pemula bisa mengajak temannya bahkan bisa mendirikan sebuah badan usaha yang menaungi bisnisnya. Dengan adanya teknologi dan internet, pemasaran dan promosi bisa dilakukan dengan mudah. Proses pelaksanaan bisnis ini bisa dilakukan di rumah atau tempat lain sesuai dengan kebutuhan.

  6. Produk Fashion

Perkembangan industri fashion saat ini sangat pesat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan terhadap berbagai produk fashion semakin meningkat, terutama bagi kaum hawa. Bisnis produk fashion bisa menjadi usaha dengan modal minim untuk pemula. Produk fashion yang dijual bisa bermacam-macam, seperti atasan, bawahan, sepatu, tas, dan produk fashion lainnya.

Wirausahawan pemula bisa mencari supplier dengan harga murah tetapi tetap berkualitas. Harga yang murah bisa menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli. Jika memiliki kemampuan untuk desain dan menjahit produk fashion sendiri, wirausahawan pemula bisa memproduksi produknya sendiri. Apabila ingin memproduksi sendiri, buatlah produk yang unik dan berbeda dari pasaran supaya dilirik oleh pembeli.

   7. Aksesoris Handphone

Harga ponsel yang semakin terjangkau membuat produknya semakin laris. Tidak hanya kalangan atas, kalangan menengah ke bawah juga bisa membeli ponsel. Pembelian ponsel yang meningkat juga membuat kebutuhan aksesoris ponsel meningkat. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Berbagai jenis aksesoris seperti layar antigores, casing, dan aksesoris lain bisa menjadi produk yang dapat dijual. Wirausahawan dapat menjual dengan membuka toko sekaligus memasarkan secara online.

   8. Waralaba

Usaha dengan modal minim untuk pemula lainnya adalah membuka bisnis waralaba. Dengan membuka bisnis waralaba, wirausahawan tidak perlu membuat konsep bisnis dan melakukan pemasaran. Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan penjualan kepada banyak orang. Carilah waralaba yang sudah memiliki popularitas dan pilihlah lokasi yang strategis.

   9. Kos-kosan

Mendirikan kos-kosan bisa dilakukan jika wirausahawan pemula memiliki rumah atau bangunan dengan banyak ruangan terutama di area perkotaan. Selain itu, lokasi rumah yang strategis seperti dekat dengan tempat pendidikan atau kantor juga bisa dimanfaatkan. Supaya kos-kosan menjadi menarik, tambahkan fasilitas-fasilitas utama tempat tinggal seperti tempat tidur, lemari, dan meja. Jika memiliki modal yang lebih besar, bisa ditambahkan fasilitas lain.

Tidak hanya fasilitas dalam kamar, fasilitas di luar kamar juga perlu untuk diperhatikan, misalnya kamar mandi dan tempat parkir. Dalam menjalankan bisnis kos-kosan, wirausahawan pemula harus bisa menjamin kebersihan dan keamanan di area tersebut.

   10. Binatu

Usaha binatu merupakan usaha yang menawarkan mencuci dan menyetrika pakaian. Usaha binatu sangat cocok didirikan di area yang padat penduduk atau dekat dengan kos-kosan. Kesibukan penduduk sekitar bisa dimanfaatkan dengan menawarkan usaha binatu. Jika wirausahawan pemula dapat memberikan hasil yang memuaskan berupa kebersihan pakaian, usaha binatu bisa menguntungkan.

10 jenis usaha dengan modal minim untuk pemula di atas dapat diterapkan. Dengan niat dan tekad yang penuh, usaha yang dijalankan akan menjanjikan dan menguntungkan.

0 Response to "10 Jenis Usaha Dengan Modal Minim Yang Dapat Di Coba Oleh Pemula 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel