10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Sukses Berwirausaha Bagi Pemula 2018


Cara Sukses Berwirausaha Bagi Pemula



Menjadi wirausaha memiliki prospek yang cukup baik. Pendapatan yang tinggi dan tidak terikat dengan kantor menjadi alasan orang-orang memilih untuk berwirausaha. Melihat keuntungan ini, banyak orang yang ingin memulai berwirausaha. Perlu diketahui, berwirausaha tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyaknya kompetitor menjadi salah satu faktor mengapa berwirausaha harus direncanakan dengan baik. Pemula harus tahu cara sukses berwirausaha sebagai langkah awal dalam menyiapkan bisnisnya.

Memulai Usaha? Perhatikan 10 Cara Sukses Berwirausaha Berikut


Terkadang kita mendengar relasi yang baru berwirausaha mengeluhkan bisnis yang mereka jalankan. Keluhannya bermacam-macam, mulai dari bisnis sepi sampai tidak bisa bersaing dengan rival. Beberapa malah berakhir dengan bangkrutnya bisnis yang dijalankan. Permasalahan seperti ini sebenarnya bisa dihindari.

Hal-hal seperti itu menjadi momok bagi para pemula. Supaya tidak mengalami hal yang sama dalam berwirausaha, pemula harus memperhatikan beberapa cara sukses berwirausaha agar tidak mengalami hal yang sama.

1. Fokus

Berkembangnya teknologi dan kebutuhan masyarakat membuat peluang menjadi begitu bervariasi. Banyaknya peluang dapat membuat bingung untuk memutuskan bisnis apa yang akan dijalankan. Apabila baru memulai wirausaha, cobalah untuk fokus pada satu peluang saja. Dengan fokus, ide dan tenaga akan tercurah secara maksimal ke bisnis tersebut.

2. Mempelajari Ilmu Bisnis

Wirausahawan pemula terkadang menyepelekan ilmu bisnis. Mereka merasa bahwa ilmu akan perlahan diperoleh saat mulai berwirausaha. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, tetapi wawasan yang kurang matang membuat pengelolaan menjadi lebih sulit. Selain itu, beberapa permasalahan yang dihadapi di lapangan tidak bisa langsung diselesaikan jika tidak memahami ilmu bisnis. Dengan mempelajari ilmu bisnis, wirausahawan bisa mengetahui bagaimana memulai sebuah bisnis dan membuat rencana sederhana terkait pemasaran. Ilmu bisnis bisa diperoleh dari berbagai sumber. Banyak e-book yang bisa diunduh dari internet untuk membantu wirausahawan pemula belajar. Selain buku, ada banyak seminar bisnis atau forum wirausahawan pemula yang bisa diikuti.

3. Memanfaatkan Teknologi

Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis. Kesempatan ini harus bisa diraih oleh para wirausahawan pemula. Ketersediaan dunia digital akan sangat menguntungkan dan memudahkan wirausahawan pemula. Banyak bisnis kecil memiliki banyak pelanggan. Hal ini bisa dilakukan karena wirausahawan tersebut melakukan pemasaran melalui internet. Selain itu, dengan kemajuan teknologi wirausahawan pemula bisa menggunakannya untuk hal lain yang dapat mendukung bisnis yang sedang dirintis.

Saat memulai bisnis, hal yang perlu dilakukan adalah berinvestasi perangkat elektronik seperti smartphone atau komputer. Dengan bantuan perangkat elektronik, wirausahawan pemula bisa turut bersaing dengan bisnis yang sudah berjalan. Jika perlu, ditambah dengan aplikasi yang mendukung.
baca 10 Jenis Usaha Dengan Modal Minim Yang Dapat Di Coba Oleh Pemula 2018

4. Menentukan Modal

Menjalankan bisnis pastinya membutuhkan modal. Dalam menentukan modal, wirausahawan harus mencatat hal-hal apa saja yang diperlukan. Wirausahawan harus bisa merinci kebutuhan supaya modal yang dibutuhkan dapat mencukupi untuk merintis bisnis. Kebutuhan yang tercukupi dari modal merupakan cara sukses berwirausaha selanjutnya. Agar dapat menentukan modal yang cukup, wirausahawan bisa menyusun neraca awal dengan menentukan inventaris yang diperlukan dan produk yang akan dijual. Total biaya dari semua kebutuhan tersebut sama dengan jumlah modal yang dibutuhkan.

Sumber modal bisa diperoleh dari dana sendiri atau pinjaman. Menggunakan modal dari dana sendiri memiliki keuntungan berupa lebih fleksibel dan tidak ada aturan. Apabila dana sendiri tidak cukup, pinjaman menjadi alternatif sumber modal. Keuntungan sumber modal dari pinjaman adalah besar dana bisa disiapkan dalam beberapa waktu asalkan saat pengajuan bisa menyerahkan persyaratan. Namun, sumber modal menggunakan pinjaman terutama bank memiliki berbagai peraturan. Jika tidak ingin meminjam dalam jumlah yang terlalu besar, sumber modal yang digunakan bisa dari dana sendiri dan pinjaman.

5. Mengelola Modal Dengan Cash Flow

Agar bisnis terus berjalan dan berkembang, modal harus dikelola dengan baik. Pengelolaan modal adalah cara sukses berwirausaha yang harus diperhatikan. Pengeluaran selama menjalankan bisnis jangan sampai terlalu sering dan menghabiskan modal awal apalagi selama bisnis belum memperoleh keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Pengelolaan modal dengan baik bisa dilakukan dengan menargetkan keuntungan yang harus didapatkan. Keuntungan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Pengembangan bisnis nantinya akan diikuti dengan peningkatan pendapatan.

 6. Menentukan Pasar

Tanpa mengetahui pasar yang ditarget dan cara pemasaran, produk atau jasa yang dijual tidak akan sampai kepada konsumen. Tujuan menentukan pasar adalah untuk memfokuskan lingkup bisnis yang akan dijalankan. Adanya pasar juga akan mempermudah dalam mengembangkan bisnis.

 7. Merencanakan Pemasaran

Setelah menentukan pasar, selanjutnya adalah merencanakan pemasaran. Ketika internet belum digunakan dalam berwirausaha, wirausahawan pemula harus pintar mencari lokasi yang ramai. Namun, dengan adanya internet, lokasi menjadi prioritas kesekian. Apabila produk atau jasa memiliki pasar di kalangan anak muda, wirausahawan pemula bisa memasarkan dengan cara yang unik seperti mempromosikan di media sosial atau saat ada acara-acara yang diselenggarakan di kampus. Pemasaran melalui internet atau memanfaatkan acara yang akan didatangi tujuan pasar dapat membantu dalam proses pengembangan bisnis.

8. Menyusun Identitas Bisnis

Identitas bisnis sangat diperlukan. Saat awal mengembangkan bisnis, hal pertama yang perlu disiapkan sebelum terjun ke masyarakat adalah menentukan nama dan logo. Kedua hal ini akan menjadi identitas yang nantinya akan diingat masyarakat. Nama dan logo bisa dibuat dengan menyesuaikan lingkup bisnis yang dilakukan. Misalnya jika bergerak di bidang kuliner, nama dan logo bisa menggunakan sesuatu yang berhubungan dengan makanan. Akan lebih bagus jika menggunakan ciri khas makanan yang akan dijual. Apabila identitas bisnis sudah tersusun, wirausahawan pemula dapat mendaftarkan bisnisnya untuk memperoleh izin. Adanya izin dapat mempermudah dalam menjalankan bisnis.

 9. Menjalin Relasi Sebaik Mungkin

Cara sukses berwirausaha selanjutnya adalah menjalin relasi. Adanya relasi dapat membantu proses pemasaran. Tidak hanya itu, relasi juga dapat membantu mempermudah dalam mendapatkan produk yang berkualitas. Saat berdiskusi, relasi bisa memberikan saran terkait pengembangan bisnis. Jika dapat dipercaya, relasi bisa menjadi partner bisnis sehingga dapat membantu mengembangkan bisnis. Tidak perlu menjalin relasi dalam jumlah yang banyak. Kita hanya perlu menjalin hubungan sebaik mungkin bahkan bisa saling menguntungkan. Manfaat adanya relasi umumnya tidak bisa dirasakan langsung, tetapi perlahan-lahan bantuan mereka akan datang ketika dibutuhkan.

10. Terus Belajar

Menjalankan bisnis tidak selalu menemui hal yang indah. Ada kalanya bisnis mengalami penurunan bahkan kegagalan. Dua hal ini merupakan hal yang wajar dalam berwirausaha. Wirausahawan pemula harus siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Wirausahawan pemula harus memiliki rencana utama dan rencana cadangan. Apabila ada kegagalan rencana utama, rencana cadangan sudah siap untuk dijalankan. Tidak lupa untuk mengevaluasi sumber kegagalan dari rencana utama dan merencanakan dengan lebih baik.

Itulah cara sukses berwirausaha yang bisa diterapkan. Dalam memulai sebuah bisnis, jangan ragu dan terus berusaha. Hasil tidak akan mengkhianati proses

0 Response to "10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Sukses Berwirausaha Bagi Pemula 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel