10 Ciri Ciri Bibit Abnormal Yang Terdapat Pada Pembibitan Kelapa Sawit 2018

10 CIRI-CIRI BIBIT ABNORMAL PADA KELAPA SAWIT

pembibitan
bibit abnormal merupakan bibit dengan pertumbuhan yang tidak sempurna, pertumbuhan yang tidak sempurna ini dipengaruhi beberapa faktor sehingga pertumbuhan tanaman tidak maksimal dan terganggu. berikut beberapa ciri-ciri bibit yang mmengalami abnormal yaitu:

1. off types 

dimana bibit secara morfologa dan umurnya sama dengan bibit yang normal, tetapi bibit dengan tipe off types ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

2. flat top (permukaan tajuk rata)

bibit mempunyai tajuk rata dimana pelepah yang baru tumbuh panjangnya tidak bisa melebihi panjang pelepah yang lebih tua.

3. tegak atau stril

bibit tumbuh tinggi dan tegak dengan pelepah daun tampak kaku.

4. limp atau flaccid (lemah)

pelepah bibit tampak lemah dan terkulai kebawah, dimana seharusnya pelepah tersebut tumbuh tegak dan tidak terkulai kebawah, dan biasanya ukuran bibit ini lebih pendek dari bibit normal.

5. wide internode (jarak antar buku pendek)

dimana daun terlihat seperti tertekan kebatang pelepah, hal ini menyebabkan anak daun menjadi lebih rapat dan pertumbuhannya menjadi lambat dan membuat bibit kerdil.

6. juvenile form

anak daun dari pelepah yang lebih tuan masih belum berkembang dan terbuka, dibandingkan dengan bibit lainya yang anak daunya sudah terbuka, beberapa tanaman sawit dengan gejala ini akan menjadi sawit steril dan harus segera dipisahkan dari bibit lainya.

7. jarak antar buku lebar

jarak antar pelepah terlalu lebar (tidak normal) sehingga bibit tampak sangan terbuka. tetapi jangan sampai salah mmengedintifikasi dengan bibit yang mengalami etiolasi yang disebabkan karena jarak terlalu rapat. untuk tanaman yang mengalami etiolase dapat di perbaiki dengan cara melakukan penjarangan sehingga pelepah dapat tumbuh normal kembali.

8. daun sempit

anak daun menjadi sangat sempit dan bentuknya runcing tajam.

9. daun lebar dan pendek

bentuk daun yang lebar dengan warna hijau tua tetapi memiliki ukuran pendek, bentuk anak daun yang tidak normal ini juga sering di kaitkan dengan bibit tegal L.

10. chimaera

bibit menunjukkan jaringan daun warna putih atau cholotic yang disebabkan oleh kekurangan jat kloropil.

Belum ada Komentar untuk "10 Ciri Ciri Bibit Abnormal Yang Terdapat Pada Pembibitan Kelapa Sawit 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel