10 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

gambar jerawat

Memiliki jerawat diwajah memang sangat lah mengganggu penampilan karena bentuk jerawat yang tampak jelas diwajah, selain itu jerawat juga menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu wajah. Jerawat memang bukanlah suatu jenis penyakit yang membahayakan, jerawat hanya merupakan penyakit kulit yang timbul karena adanya pengaruh kelenjar minyak pada kulit yang berlebihan dimana kelenjar minyak ini menghasilkan zat yang disebut sebum, dan kelenjar minyak membawa sel kulit mati ke atas permukaan kulit sehingga menimbulkan kantung nanah yang merah akibat adanya peradangan. sebelum kita membahas cara mengatasi jerawat diwajah ada baiknya kita mengetahui apa penyebab jerawat dapat tumbuh subur di wajah ?. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuhnya jerawat dengan subur di wajah antara lain :

1. Terjadinya Perubahan Hormon

Jerawat tidak hanya menyerang kaum remaja saja, jerawat juga sering menyerang orang dewasa, hal ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon. Perubahan hormon ini lebih sering di alami oleh perempuan, karena perubahan hormon pada perempuan dipengaruhi oleh masa-masa tertentu seperti saat menstruasi dan pada masa kehamilan. Dimana terjadi perubahan hormon yang sangat siknifikan, jerawat akan muncul sebelum menstruasi dan setelah kahamilan mencapai umur tiga bulan.

2. Menggunakan Make-Up Berlebih

Pemakean meke-up memang dapat menunjang penampilan kita, terutama bagi sebagian besar perempuan. Pemakaian meke-up sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipakai saat ingin keluar rumah agar terlihat lebih cantik. Tetapi banyak yang tidak mengetahui bahwa penggunaan meke-up yang berlebihan tanpa diimbangai dengan membersihkan wajah secara teratur, justru dapat menimbulkan dan bahkan menjadi penyebab timbulnya jerawat, pemakaian produk meke-up yang tidak sesuai dengan kondisi kulit wajah juga dapat menimbulkan jerawat.

3. Mengalami Stres

Stres merupakan hal yang sering dialami oleh semua orang. Stres terjadi karena adanya tekanan atau adanya hal yang menyebabkan pikiran tidak tenang, mengalami stres juga dapat menimbulkan jerawat di wajah. Hal ini kerana pada saat stres hrmon akan berubah dengan tidak stabil, dengan terjadi perubahan hormon ini, maka wajah memproduksi minyak pada wajah sehingga menghambat pori-pori wajah sehingga menimbulkan jerawat.

4. Tidak Membersihkan Wajah

Beraktivitas di dalam ruangan yang ber- AC ternyata tidak menjamin wajah bebas dari jerawad. Justru AC menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam yang disebabkan oleh zat yang terdapat dalam pendingin ruangan. Selain itu bagi anda yang mempunyai banyak kegiatan di luar ruangan  akan menyebabkan kulit menjadi kotor akibat debu, wajah yang kotor sering kali menjadi penyebab timbulnya jerawat diwajah, hal ini disebabkan karena menempelnya debu yang melekat diwajah yang menutupi pori-pori, sehingga terjadi penumpukan minyak diwajah. Selain debu, sisi make-up yang tidak dibersihkan juga menyebabkan munculnya jerawat diwajah.

5. Sel Kulit Mati Dan Bakteri

Pada umumnya jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak yang berlebihan. Munculnya jerawat karena kelenjar minyak yang berlebihan yang bercampur dengan sel-sel, kulit mati dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah menumpuk di wajah. membuat masalah jerawat menjadi semakin rumit, terdapatnya bakteri pada kulit mati, atau pada debu yang menempel di wajah yang menyebabkan semakin cepatnya jerawat timbul dan tumbuh subur di wajah.

Bagaimana Menghilangkan Jerawat ?

Setelah kita mengetahui penyebab terjadinya jerawat, terus bagai mana cara mengatasi jerawat yang ada di wajah ? ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat baik secara alami maupun menggunakan bahan kimia seperti obat wajah. untuk mengatasi jerawat secara kimia dapat meminum anti biotik seperti tetracycline, doxycycline, minocycline, dan erythromycin, obat ini bisa mengurangi rasa sakit dan merah diwajah yang disebabkan oleh jerawat pada wajah, obat kimia ini dapat diperoleh di apotek-apotek. tetapi penggunaan obat kimia secara terus menerus dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. yang akan kita bahas pada artikel ini adalah cara menghilangkan jerawat secara alami. terus bagai mana cara menghilangkan jerawat secara alami? berikut pembahasanya.

cara menghilangkan jerawat secara alami

Memiliki wajah yang mulus merupakan idaman setiap manusia. Tetapi banyak yang mengalami wajahnya berjerawat, banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat baik secara alami maupun kimia, semua dilakukan agar mempunyai wajah yang mulus dan bersih.

Menghilangkan jerawat secara alami tanpa bahan kimia sudah banyak dilakukan dan lebih aman terhadap wajah. Karena penggunaan bahan kimia tidak akan merusak wajah malah sebaliknya akan memberikan kesehatan pada kulit. berikut 12 cara alami yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat yaitu:

1. Menggunakan Es Batu

Jerawat yang memerah dapa dihilangkan dengan menggunakan es batu, dimana es batu akan memperkecil pori-pori yang membesar akibat radang yang disebabkan oleh infeksi, yang menyebabkan timbulnya jerawat. Gunakan kain untuk menampung beberapa es batu, kemudian tempelkan es batu ke daerah wajah yang terkena jerawat, tetapi jangan menekan terlalu kuat karena penekanan yang terlalu kuat di areal wajah yang berjerawat akan menyebabkan wajah menjadi luka dan menyebabkan bakteri menyerang di bagian tersebut.

2. Menggunakan Bawang Putih

Pengunaan bawang putih sebagai obat alami sudah tidak diragukan lagi, karena banyaknya kegunaan dari tanaman ini, selain mengobati sakit gigi ternyata bawang putih juga dapat mengatasi masalah jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan zat sulfur yang ada pada kandungan  bawang putih dapat menghilangkan jerawat dengan baik. Selain itu bawang putih juga mengandung antioksidan, anti virus, anti jamur dan anti septik yang dapat menghilangkan peradangan pada kulit. Penggunaan bawang putih dengan cara belah bawang putih menjadi dua bagian, kemuidian oleskan ke areal wajah yang terkena jerawat, diamkan selama 15 menit kemudian cuci wajah dengan air bersih.

3. Menggunakan Putih Telur

Putih telur dapat di gunakan sebagai obat mengatasi jerawat diwajah. Hal ini karena putih telur mengandung enzim lysonzim. Enzim lysonzim dapat menghancurkan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Penggunaan putih telur sangat lah mudah dimana putih telur dijadikan sebagai masker wajah, diamkan sampai putih telur mengering di wajah, kemudian basuh wajah dengan air bersih, lakukan secara teratur sampai jerawat hilang dari wajah.

4. Menggunakan Soda Kue

Soda kue, atau yang biasa orang sebut dengan baking soda, adalah bahan yang biasa di gunakan sebagai bahan pembuatan kue. Selain bahan pembuat kue baking soda ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat diwajah. Ini karena kandungan pada soda kue juga dapat di gunakan sebagai penyeimbang ph kulit. Selain penyeibang ph wajah, baking soda juga dapat digunakan sebagai antiseptik dan anti inflamasi yang berfungsi menghilangkan jerawat yang terdapat diwajah. Cara penggunaan baking soda ini sangat lah mudah dimana baking soda di larutkan dengan air hangat, kemudian di oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit sampai mengering di wajah kemudian bilas wajah dengan air bersih.

5. Menggunakan Masker Madu

penggunaan madu sebagai obat sudah tidak asing lagi bagi orang indonesi karena kandungan pada madu mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit, selain itu madu juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat pada wajah, madu dapat digunakan sebagai masker wajah penggunaan madu sebagai masker dapat di campur dengan yougart dan tomat. cara penggunaan madu sangat lah mudah, dimana yougart atau tomat yang sudah di haluskan dicampur dengan madu, kemudian di oleskan ke wajah, diamkan selama 10-20 menit sampai mengering di wajah, kemudian bilas wajah sampai bersih.

6. Menggunakan Lemon

Cara menghilangkan jerawat dengan cara alami berikutnya adalah menggunakan lemon. Penggunaan lemon sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat, hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam askorbat yang terkandung pada lemon. Kandungan askorbat ternyata sangat ampuh dalam mengurangi masalah peradangan pada kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu kandungan askorbat juga mampu mengangkat flek-flek hitam diwajah.

7.Menggunakan Kulit Jeruk

Seperti kita ketahui jeruk yang mengandung vitamin C yang baiik buat tubuh, yang dapat membantu tubuh kebal terhadap virus yang menyebabkan tubuh menjadi sakit. Ternyata kulit jeruk juga sangat bermanfaat sebagai obat menghilangkkan jerawat, hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung antioksidan tinggi, dan flavonoid, vitamin A dan vitamin C yang baik untu menghilangkan jerawat serta mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. cara penggunaan kulit jeruk untuk mengatasi jerawat sangat lah mudah, keringkan terlebih dahulu kulit jeruk dengan matahari, kemudian tumbuh halus sampai seperti tepung, setelah itu larutkan dengan air hangat kemudian oleskan ke area wajah yang terkena jerawat, tunggu sampai 15 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.

8. Menggunakan Pepaya

Penggunaan pepaya sebagai  obat untuk menghilangkan jerawat sangat lah baik. Hal ini dikarenakan kandungan enzim dipapain yang berfungsi untuk menghilangkan kulit mati, dan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menghilangka jerawat. Cara pemakaiannya juga sangat mudah dengan cara, menghaluskan buah pepaya sampai seperti bubur, buah pepaya juga bisa dicampur dengan madu kemudian oleskan ke seluruh wajah seperti sedang meggunakan masker, tunggu 10 sampai 20 menit, kemudia  bersihkan wajah dengan air hangat.

9. Menggunakan Pasta Gigi

Mendengar pasta gigi sebagai obat menghilangkan jerawat sangat langkah di dengar. Tapi tidak banyak yang mengetahui bahwa pasta gigi juga sangat ampuh menghilangkan jerawat. Ini dikarenakan kandungan  flouride, triclosan dan hidrogen peroksida. Seperti kita ketahui zat yang terkandung dalam pasta gigi ini dapat mencegah kulit iritsai, serta mengeringkan jerawat, dan mengurangi peradangan pada wajah. Cukup oleskan langsung pasta gigi pada jerawat, hindari penggunaan ke seluruh wajah karena dapat merusak kulit wajah.

10. Cuka Sari Apel

Penggunaan cuka apel sebagai obat untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Kandungan asam malat dan asam lakktat yang terdapat pada cuka sari apel teryata dapat mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Selain itu cuka sari apel juga mengandung antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan jerawat. Penggunaan cuka sari apel ini sangat lah mudah, dimana cuka sari apel kemudian campurkan dengan air hangat, oleskan cuka sari apel menggunakan kapas ke areal wajah yang berjerawat. Sebaiknya penggunaan cuka apel ini di gunakan sebelum tidur agar mendapatkan asil yang maksimal.

0 Response to "10 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel